Lebih Ganas Dari WannaCry, Serangan Virus Ini Bisa Bikin Komputer “Mati Total”

Lebih Ganas Dari WannaCry, Serangan Virus Ini Bisa Bikin Komputer “Mati Total”

BeritaTeknologi.com
Pasti Anda masih ingan dengan serangan cyber ransomware WannaCry yang menghebohkan dunia pada bulan Mei lalu. Jika Anda menganggap serangan program jahat tersebut sangat ganas, maka Anda harus tahu bahwa ada serangan virus yang lebih berbahaya dari itu.

Adalah GoldenEye atau disebut juga Petya dan NotPetya, yakni serangan cyber baru yang lebih ganas dari WannaCry, dimana serangan GoldenEye kini sudah melanda dunia. Ancaman serangan ini juga sempat diperingatkan oleh perusahaan keamanan cyber Vaksincom, dimana jika tidak benar-benar yakin data penting pada komputer telah di-backup, maka disarankan untuk tidak menghidupkan komputer terlebih dahulu.

Menurut laporan detikINET, Rabu (28/6/2017), analis keamanan cyber Alfons Tanujaya menjelaskan bagaimana bahayanya serangan virus tersebut. Jika program WannaCry hanya mengandalkan eksploitasi celah keamanan Eternal Blue yang kemudian menyebarkan dirinya secara masif, GolfenEye juga menerapkan celah yang sama namun mereka juga mengeksploitasi WMIC dan PSExec. Dengan demikian, untuk komputer dengan OS paling update pun bisa terserang GoldenEye.
Jika ransomware WannaCry mengenkripsi data komputer, maka GoldenEye akan melakukan infeksi yang lebih ganas lagi, yakni dengan melumpuhkan semua sistem komputer. Ini berarti sistem komputer yang sudah terinfeksi serangan ini tidak akan bisa dinyalakan atau booting.

Tentu ini ancaman yang sangat serius, karena dapat melumpuhkan komputer yang menangani fungsi-fungsi penting. Beberapa layanan yang sudah terserang ransomware ini adalah mesin ATM, sistem bandara, Kiev Metro, WPP (Perusahaan Periklanan Inggris), dan lain-lain. Nah, jika Anda memiliki data-data penting di komputer, maka tidak ada salahnya untuk membuat file back-up.

Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/lebih-ganas-dari-wannacry-serangan-virus-ini-bisa-bikin-komputer-mati-total/

Leave a Reply